Tuesday, February 5, 2008

Blogging Kesegaran Jasmani.

Hari ini ulang bulan ke tiga blog gue ini. Sebetulnya kalau dihitung sejak blogging di friendster, bulan Maret tanggal 29 nanti genap tiga tahun gue ngeblog. Sempat pindah ke Multiply dan akhirnya rajin nulis di sini.

Ternyata blogging itu menyenangkan. Walaupun sering juga dapet pertanyaan - pertanyaan macam, ngapain sih lo blogging? kurang kerjaan banget, gak penting deh, mending nulis dan bikin buku. Waduh, setau gue belum ada tuh Undang - Undang yang mengatur bahwa blogging itu penting atau tidak. Jadi tolong jangan keburu memutuskan bahwa hobi gue ini gak penting.

Banyak lah pengalaman - pengalaman memalukan pas masa awal ngeblog. Misalnya pas baru bikin blog, gue paksa orang - orang buat baca dan bikin komentar. Dari 20 orang yang baca, gak satu pun yang nulis komentar. Jadi gue bikin lah supaya bisa 200 orang yang baca, caranya? bikin tulisan yang lucu - lucu. Dan ternyata berhasil dapat komentar. Walaupun komentarnya cuma, self centered banget sih tulisan lo. Gedabruk.

Sekarang pun gue masih dapat komentar dari sesama blogger seperti yang ada di shoutbox blog gue yang Ngayal, Nulis, publish, Deg-degan. Hihihi gue mah ngga ngarep ada penerbit yang mampir. Toh kalau gue yakin tulisan gue bagus, mungkin aja gue terbitin sendiri. Perkara laku atau ngga, itu mah wilayah yurisdiksi Tuhan.

Akhirnya, pada suatu masa, gue sadar bahwa ngeblog itu semacam terapi buat gue. Baru gue sadar maksud temen yang maksa gue untuk nulis. Bisa dibaca tuh di profile gue, di pojok kanan atas halaman ini. Dan ternyata gue ngga sendirian. Ada Nining yang bilang gini, "Apa jadinya orang macam kita kalau ngga ada blog? Udah berapa orang yang kita makan?" Idiiiiih serem bener bu?

Buat gue, blogging itu banyak sisi positifnya. Minimal kalau dibandingin sama gangguin babu. Walaupun ngegodain babu sebelah rumah itu juga ga dilarang sama agama. Kan yang haram tuh babi, kalau babu mah boleh lah.

Jadi mari kawan, mari blogging. Ngga usah mikir yang macam - macam lah. Tulis aja apa yang menurut kita enak untuk ditulis asal jangan lupa bahwa etika menulis juga berlaku di sini.

3 comments:

Anonymous said...

"Walaupun ngegodain babu sebelah rumah itu juga ga dilarang sama agama. Kan yang haram tuh babi, kalau babu mah boleh lah."

hhmmm....

kalo nama babU tetangganya babI???

ime' said...

hehehehe... selamat ulang tahun deh buat blog lu *bukan buat elu!!*

mmmm... bener juga tuh kata sapa? Nining? mungkin dia tega makan orang, tapi kalo' gue, mungkin udah dimakan orang *dimakan Nining mungkin?*

heheheh... for me, blog adalah mmm... fasilitas untuk menyalurkan emosi :D kekekekek...

mmm... gue udah berapa tahun ya, ngeblog? :-? *jadi mikir deh gue :D*

Ragil Duta said...

@Alin, iya ya? kalo di amerika sana sih jadinya keren, miss piggy.

@ime, aduh gak usah dipikir dan ga usah makan memakan orang..mari makan nasi bebek aja.