Wednesday, November 28, 2007

Legalitas.

Sepertinya topik saya yang satu ini akan lebih serius dibandingkan topik yang lainnya. Judulnya saja sudah seperti itu but, then again, don't count on it dude.

Ya yang pasti bakalan sedikit lebih serius dibanding pas gue ngebahas soal pernikahan di blog gue yang dulu. Disitu gue bilang bahwa nikah itu ibarat migrasi dari nomer pra bayar ke paska bayar. Korelasinya gini, kalau nomer pra bayar itu kita ngga repot sama masalah administrasi dan ngga ada kewajiban bayar tagihan bulanan. Ya cukup segitu aja lah bahasannya. Sekarang ini gue pengen bahas soal originalitas yang pastinya berhubungan dengan legalitas. Ini gara - gara kemarin gue lagi ngobrol sama anakku tentang berbagai etika dan sopan santun. Ironisnya, gue baru sadar, pada saat yang bersamaan gue sedang menonton film dalam format dvd yang pastinya bajakan. How could I?

Dulu waktu gue masih jadi produser Ungu, gue marah - marah kalo liat ada yang jual cd bajakannya. Walaupun ada yang bilang bahwa kalo ada yang ngebajak itu berarti band-nya disukai banyak orang. Tetep aja gue sebel. Back to the topic, sebetulnya gue ngga terlalu sering beli dvd bajakan, ini aja setelah 8 bulan yang lalu baru gue beli lagi tapi itu bukan pembenaran ya. Biar gimana juga kita harusnya menghargai hasil karya orang lain. Lha dulu aja pas jaman pacaran, kita pasti ngamuk kalo pacar kita diganggu orang. Apalagi kalo diserobot? Bheh dheh! Bisa kacau dunia persilatan. Padahal kalau dipikir - pikir, kita itu ngga terlibat dalam pembuatannya apalagi pengembangannya. Paling cuma terlibat, sedikit, dalam pembesarannya. Tapi segitu sewotnya kita kalo ada yang coba - coba ngebajak.

Kebetulan hari ini gue baru jalan - jalan nengok Andru's blog dan nemu artikel yang sangat menarik soal legalitas. Ngomong - ngomong, Andru ini teman sejak di Canberra dulu dan beberapa hari yang lalu chatting di YM. Dia sempat bilang gini tentang isi blognya and I quote "..must be all that time doing systems analysis documents and tech proposals, jadi gaya nulisnya nggak menarik..." Waduh kalo soal gaya tulisan mah gue ngga paham tapi kalo soal isi tulisan, pasti menarik selama menulisnya dengan passion. Kalo soal KEBANYAKAN-GAYA pada saat menulis, itu mah gue banget! Kadang sambil kaki petingkrangan di atas PC, kadang sambil nyruput es kelapa muda kayak sekarang gini niy dan kadang sambil ngata - ngatain orang yang lewat di depan ruangan gw. Eh mumpung ngebahas ruang kerja gue, ruangan gue itu kayak aquarium.

disitulah tempat gue nyela'in orang

Nah, karena anakku sudah berumur 6 tahun 9 bulan dan Insya Allah makin besar, pintar, baik hati dan budiman. Gue udah harus nyiapin jawaban kalo suatu saat nanti dia nanya tentang banyaknya dvd bajakan di ruang tv. Only the Force knows what my answer would be, oh my young jedi. Zwiiiiing...sambil nyalain pedang laser warna biru dan bergaya macam master Obi-Wan Kenobi.

2 comments:

Anonymous said...

blog ini mau dibawa serius bacanya, bisa gila gw wakakakakak

Anonymous said...

jangan jadi gila dong, tetep serius aja :P