Tuesday, January 22, 2008

Pentingnya nama.

Kemarin temen gue baru jadi ayah dan ibu. Anaknya dikasi nama Sabil Elang Perdana. Nama yang bagus.

Dengan senang gumbira gue mengucapkan selamat. Dan dengan tolol gumolol gue melanjutkan ucapan selamat itu dengan kalimat "Jadi, anak kedua lo ntar namanya Sabil Elang Isi Ulang?" Untung suami istri itu sudah kenal gue lama, jadi mereka gak protes nama anaknya gue acak - acak.

Memikirkan nama itu memang penting. Karena bakal dibawa seumur hidup sama si penerima nama. Orangtua gue juga memberi nama panjang yang bagus, terjemahan bebasnya, duta negara yang setia mendarmakan cahaya yang agung. Mungkin maksud orangtua gue itu, gue harus mendarmakan sesuatu yang baik bagi negara dan orang sekitar gue, bukan sesuatu yang negatif macam penjahat - penjahat itu. Tapi tanpa gue tau kapan mulainya, tiba - tiba gue lebih populer dengan nama panggilan Ragil yang berarti bungsu.

Kalau bicara soal arti sebuah nama, dari beberapa yang gue inget, gue pernah pacaran sama bulan, bunga, bintang utara dan berpendirian kuat. Sekarang gue beristri lampu.

Di belahan lain ranah bumi ini, ada yang bilang apa arti sebuah nama. Coba orang - orang itu tinggal di Indonesia dan berani berganti nama menjadi Maling. Pasti dalam sekejap mereka paham arti dari nama itu jika di tengah keramaian ada yang melambai dan memanggil mereka dengan keras, moaliiiiiiing! Bisa mendadak byar pet pandangan mata mereka.

3 comments:

Anonymous said...

kalo orang Bugis namanya Malin--manggilnya jadi MalinG (dibahas Lin-G!!!!PLETAKKKKKKKK##*****!!)

Fitra Irawan said...

Jd inget cerita ttg bos gw yang bernama HUGH (baca=hyu), si Doi lagi berendem di pantai lombok, istrinya teriak manggil namanya berulang2 dalam sekejap orang2 sekitar yang lagi berendem pada naek ke pantai tergopoh2, dikirain ada ikan HIU...jadi musti dipikir juga, nama kita artinya kalo di negara lain bisa mengundang petaka apa engga...coba lo cek Gil, nama Ragil di Madagaskar jangan2 artinya Maling (mulaingacodotcom) qkqkqkqkq

Anonymous said...

@Alin, Bugis ya? aku pikir amerika. Oh itu mah MarilynG MonGroe.

@Fitra, kok gue bacanya jadi mulai-ingat-codot-dot-com ya?hehehe