Monday, April 21, 2008

Kartiniku, Kartinimu, Kartini kita.

Selamat merayakan hari Kartini, bagi yang merayakan. Tanpa memandang gender.

Kebetulan lagi terima telpon dari temen yang intinya curhatan. Dia ini kerja di Bali sementara suaminya kerja di Jakarta. Hari ini kebetulan dia di Jakarta selama beberapa hari.

Intinya dia cerita tentang sukanya bisa memasak untuk suami selama di Jakarta. Lha kok ceritanya ke saya? Mau masakin buat suami orang juga? Aih.

Buat saya, orang - orang seperti teman saya ini bisa dibilang Kartini masa kini. Dia pilih tinggal di kota yang berbeda demi karirnya tanpa lupa bahwa dia juga punya status sebagai istri. Semoga suaminya gak lupa kalau punya istri.

Soal hari Kartini, kenapa kita sekarang memperingatinya dengan cara memakai baju daerah? Terutama untuk anak - anak SD. Hubungannya apa antara emansipasi wanita dengan parade baju daerah? Terus kenapa juga hari ini, semoga enggak hanya hari ini saja, penumpang kereta wajib mengutamakan penumpang wanita. Jadi kalau anda cowo, hari ini harus memberikan tempat duduk anda kepada penumpang cewe dan mempersilahkan mereka untuk masuk kereta duluan. Begitu yang saya dengar di radio tadi pagi.

Pertanyaannya, apa masih perlu kita peringati hari emansipasi ini kalau kenyataannya di luar sana masih ada perlakuan diskrimatif? Misalnya, kenapa harus ada parking spot khusus untuk ladies driver di beberapa mall? Kenapa enggak kasih spot khusus itu untuk penyandang cacat tanpa memandang gender? Apakah perempuan itu dianggap lemah sehingga perlu diberi perlakuan khusus bahkan hanya untuk sekedar mendapat tempat parkir?

Aduh, gini nih kalau di Senin pagi yang hectic dapet curhatan dari binor. Please deh, jangan mentang - mentang id YM gw itu spot-parkir-yang-bagus trus lo bisa markir yang gak penting di Senin pagi. Parkiran itu kadang juga suka penuh lho.

9 comments:

dahlia said...

nitip taroin di blognya diaz dong

>> mau nanya dong ama abang…emang ga punya telor??? iiiih ga komplet dong ? eh bang, kalo dagang jangan bunyi tek tek dong…jorok sebutin yang abang me punya, kok punya kita kita disebut iiii ga kreatip <<

makasih ya gil, abis ga di apruv ama diaz, numpang yaaa

dahlia said...

nitip komen lagi

>>>>iiih komen me ko di apruv ko ko me n gw ga??? hiks ga adil ?!!! mana keadilan disini?!!! huh gw harus nyewa lawyer deh kalo kek gini ,karna ga ada keadilan.<<<

gil, nitip komen yaaa

Ragil Duta said...

dooooooh..kenapa diparkir di sini sih komenntya..gw tarikin biaya per kasus apa per jam nih enaknya? *biar kayak lawyer

Anonymous said...

ada yang bisa gw banting?!?!?

Anonymous said...

kalau di sini parkir terdekat di toko diutamakan untuk ibu dengan anak kecil dan penderita cacat :)

Bunda RaRa said...

gak pentiiiinggggg

tapi tetep aja tuh kartono pada pelit ogah ngasih tempat duduk buat kartini

Anonymous said...

"Terus kenapa juga hari ini, semoga enggak hanya hari ini saja, penumpang kereta wajib mengutamakan penumpang wanita."
==> jarene emansipasi..kok gak mo disamain rebutannya ama si eman..(cowo maksudnya..)ahhh sudah lah...

Lisa said...

hari kartini hrs dirayakan tiap hari... masak kasih tempat duduknya cuma 1 hari aja :-)
btw baru2 ini jg ada tempat parkir dg tanda ibu+anak, saya mah malah senang krn parkirannya lebih besar, enak utk turun naik in dorongan bayi.

dahlia said...

huahahahaha aseeeeeex katanya mau ada transjakarta khusus buat wanitah...muantap...met ngiri yeee